Senin, 08 November 2010

DZULHIJAH...ANOTHER GIFT FROM ALLAH SWT TO US

by Z
dedicated to my frog prince..whereever you are ^^

Dzulhijah telah tiba….
Kata orang si bulan baik, dimana semua hari d bulan dzulhijah senantiasa membawa barakah…
Anggapan tersebut dibuktikan dengan banyaknya orang yang memanfaatkan moment bulan ini untuk melaksanakan hajatan besar… seperti walimahan misalnya…
Dalam seminggu, undangan untuk njagong alias walimahan bisa 3 sampai 5 undangan yang menanti untuk di datangi…
mmm... budget and kolesterol jadi ikut naik karena keseringan njagong dan makan enak xi7x…
Selain musim walimahan, sebenarnya dalam benakku yang senantiasa tergambar kala Dzulhijah menyapa adalah datangnya Musim Haji (dimana terbayang melimpahnya kurma dan berbagai macam oleh-oleh haji :-D xi7x..) dan yang paling ditunggu adalah berkumpul bersama keluarga untuk pesta daging qurban he7x :-D…

Terlepas dari semua anggapan nakalku itu, sebenarnya Dzulhijah sendiri memang bulan yang amat sangat baik, terutama pada sepuluh hari pertama d awal bulan Dzulhijah; karena pada 10 hari pertama tersebut, berbagai macam peristiwa penting terjadi; sebagaimana Imam Al Bukhari telah meriwayatkan hadits dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, bahwa beliau bersabda: “Tidaklah ada amal yang lebih utama daripada amal-amal yang dikerjakan pada sepuluh hari Dzulhijjah ini.” Lalu para sahabat bertanya, “Tidak juga Jihad?” Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjawab,”Tidak juga Jihad, kecuali seseorang yang keluar (untuk berjihad) sambil mempertaruhkan diri (jiwa) dan hartanya,lalu kembali tanpa membawa sesuatupun.” (HR. Bukhari).

Adapun keutamaaan dari 10 hari pertama di awal bulan Dzulhijah adalah :
Hari pertama bulan Dzulhijah adalah hari dimana Allah SWT mengampuni dosa Nabi Adam A.S maka barang siapa berpuasa pada hari tsb maka Insya Allah, Allah SWT akan mengampuni segala dosanya.

Hari kedua bulan Dzulhijah adalah hari dimana Allah SWT mengabulkan do’a Nabi Yunus A.S dengan mengeluarkannya dari perut ikan, barang siapa berpuasa pada hari itu seolah olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sekejabpun.

Hari ketiga bulan Dzulhijah adalah hari dimana Allah SWT mengabulkan do’a Nabi Zakaria A.S, barang siapa berpuasa pada hari itu maka Insya Allah, Allah SWT akan mengabulkan segala do’anya.

Hari keempat bulan Dzulhijah adalah hari dimana Nabi Isa A.S. dilahirkan, sehingga barang siapa berpuasa pada hari itu, Insya Allah akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Hari kelima bulan Dzulhijah adalah hari dimana Nabi Musa A.S. dilahirkan, dan barang siapa berpuasa pada hari itu, Insya Allah akan bebas dari kemunafikan dan azab kubur.

Hari keenam bulan Dzulhijah adalah hari dimana Allah SWT membuka pintu kebajikan untuk NabiNya, sehingga barang siapa berpuasa pada hari itu, Insya Allah akan dipandang oleh Allah SWT dengan penuh Rahmat dan tdk akan diadzab.

Hari ketujuh bulan Dzulhijah adalah hari ditutupnya pintu Neraka Jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat, dan barang siapa berpuasa pada hari itu, Insya Allah, Allah SWT akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

Hari kedelapan adalah hari Tarwiyah, yaitu hari yang barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tdk diketahui besarnya kecuali oleh Allah SWT.

Hari kesembilan adalah hari Arofah, yaitu barang siapa yang berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yg lalu dan setahun yang akan datang.

Sedangkan Hari kesepuluh adalah hari raya Iedul Qurban, dimana pada hari itu, barang siapa menyembelih Qurban maka pada tetesan pertama darah Qurban akan diampunkan dosa dosanya dan dosa anak anak dan istrinya.

Subhanallah….
Seperti yang disampaikan oleh Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Baari :
“Sebab yang jelas tentang keistimewaan sepuluh hari di bulan Dzulhijjah adalah karena pada hari tersebut merupakan waktu berkumpulnya ibadah-ibadah utama; yaitu shalat, shaum, shadaqah dan haji. Dan itu tidak ada di hari-hari selainnya.”

Benar benar bulan yang baik bahkan di awal bulan pun, telah ada berbagai macam barakah dan rahmat Allah yang melimpah ruah bila kita MAU dan bersedia untuk menggapai dan menerimanya...
So… yuk kita berlomba-lomba untuk bisa mendapat barakah dan rahmat itu, mumpung masih diberi kesempatan untuk bisa menikmatinya …

Yuk mareeeeeeeeeeeeeeeeee ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar